Sabtu, 13 Januari 2018

Resep Cara Membuat Kue Telur Gabus Keju Asin Yang Enak dan Renyah

Resep Cara Membuat Kue Telur Gabus Keju Asin Yang Enak dan Renyah

Cara Membuat Kue Telur Gabus Keju Asin Yang Renyah. Kue Telur Gabus ini adalah panganan kue kering yang biasa disajikan sebagai cemilan saat hari raya Idul Fitri, kue ini juga cocok disajikan sebagai menu cemilan harian juga lho.. Bahan- bahan yang dipakai untuk membuat kue telur gabus keju ini relatif simple, ekonomis dan sederhana, yaitu tepung sagu tani, keju, telur,margarin, dan sedikit garam. Untuk merk bahan bisa pakai apa saja sesuai stok yang tersedia. Hanya saja akan lebih baik kalau pilih bahan yang berkualitas untuk hasil kue yang bagus. Resep telur gabus keju gurih dan cara membuatnya bisa kamu ikutin seperti resep ini. Baca juga: Resep dan Cara Buat Kue Biji Ketapang Empuk dan Renyah dari Tepung Beras
Gambar Kue Telur Gabus Keju
#halalfood #momylicious #idfoodblogger #picture_to_keep #52wfpppotd #foodstyling #top_food_of_instagram #foodgasm #f52grams #eatandbrunch #foodmagazine #vscocook #foodart #foodamology #tablesituation #cookmagazine #foodporn #foodphotography #foodshare #recipeoftheday #shareresep #berbagiresep #resepyummy #thefeedfeed #thekitchn #huffposttaste #telurgabus #cheeselover #doyanmasak

Resep dan Cara Membuat Kue Telur Gabus Keju Asin Yang Enak dan Renyah


Bahan Adonan Kue Telur Gabus:
  • 250 gram tepung tapioka
  • 50 gram mentega/ bluband
  • 100 gram keju parut chedar suhu ruangan
  • 2 butir telur ayam
  • 1/4 garam

Cara Membuat Telur Gabus Garing dan Renyah:
  1. Siapkan wadah, campur semua bahan kecuali minyak goreng, uleni sampai kalis dan halus bisa dipilin.
  2. Tuang minyak di wajan, ambil sedikit adonan pilin dengan kedua telapak tangan masukkan di wajan yang berisi minyak dingin sampai lumayan banyak isi pilinnya, tapi jangan kebanyakan ya.
  3. Nyalakan kompor, goreng menggunakan api sedang.
  4. Biarkan sampai berbuih dan mengapung baru aduk pakai sendok penggorengan biar tidak hancur.
  5. Goreng sampai kuning keemasan, angkat tiriskan.
  6. Setelah dingin simpan diwadah kedap udara.


Nb : Bunda jangan pernah menggoreng nya pakai minyak goreng panas, karna bahaya meletus letus bahaya bngt..... Makanya pakai 2 wajan untuk menggoreng. Satu matang angkat lalu goreng lagi dengan wajan yang satuny pakai minyak yang tidak terlalu panas.
Slmat mencoba semoga bermanfaat

Tanya Jawab Seputar Resep Cara Membuat Kue Telur Gabus

Tanya:  Kenapa ya bun setiap saya bikin kue telur gabus tidak bisa garing dan renyah seperti yang lainya?
Jawab: Penyebab kue telur gabus tidak garing saat digoreng biasa nya karena kesalahan waktu ngulenin, atau bisa juga karena adonan terlalu basah atau sedikit cuer..

Tanya: Bund itu bikin adonan kue telur gabusnya pake air dingin, anget, atau panas bund?
Jawab: Pas bikin adonanya tidak pakai air bun.

Kue telur gabus keju adalah satu dari sekian banyak camilan kering sederhana yang memiliki cita rasa asin, gurih dan juga renyah. Proses pembuatan kue telur gabus ini adalah dengan cara digoreng, kue kering goreng ini biasa dijadikan sebagai teman ngemil sehari-hari, selain itu juga selalu menjadi sebagai suguhan khas lebaran yang enak dikunyah sebagai pilihan untuk melengkapi hidangan aneka menu kue kering lainnya.

Dalam uji coba pertama resep cara membuat telur gabus ini, ternyata tidak berjalan semulus seperti apa yang diperkirakan karena menghasilkan adonan yang dihasilkan tidak kalis sehingga tidak bisa dibentuk. Akan tetapi setelah melakukan tambahan takaran pada resep sesuai penjelasan di atas, kue telur gabus menjadi renyah dan gurih. Jadilah sebagai tambahan menu kue di resepkuekomplit.com

Incoming Search: resep telur gabus tanpa keju, resep telur gabus manis, resep telur gabus ketan, cara membuat telur gabus dari sagu tanpa keju, telur gabus tanpa keju dan mentega, resep telur gabus tanpa mentega, telur gabus tanpa telur, harga telur gabus per kilo
Resep dan Cara Buat Bolu Kukus Jagung Manis Lembut Anti Bantet

Resep dan Cara Buat Bolu Kukus Jagung Manis Lembut Anti Bantet

Resep cara membuat bolkus jagung manis Banyak temen-temen yang bilang, kalau bikin kue bolu rasa jagung seperti ini sulit banget, padahal gampang dan sama kayak kita buat kue bolu yang lain. Mungkin kamu belum pernah mencoba dan kurang percaya diri untuk mencoba membuat kue sendiri. Orang akan lebih memilih sesuatu hal yang tidak bikin repot. Padahal jika kamu tahu rahasianya dan tau nikmat proses saat bikin kue, kamu bakalan pengen buat terus. Nah, dibawah ini ada resep kue bolu kukus jagung manis yang bisa kamu coba. Cara membuatnya juga gampang banget kok, karena disini kita tidak memakai peralatan masak khusus atau cetakan kue bolu khusus. Yang kita pakai cuma panci kukusan aja. Oke deh, langsung praktek yaa..
Resep dan Cara Buat Bolu Kukus Jagung Manis Lembut Anti Bantet

Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Jagung Manis Enak, Lembut Anti Bantet dan Sederhana

Bahan Kue Bolu Jagung Kukus:
  • 2 tongkol jagung manis
  • 200 gr tepung terigu
  • 1sct susu kental manis
  • 150 gr gula pasir
  • 1/2 sdt vanili
  • 1/2 baking powder
  • 100 ml minyak sayur
  • 5 butir telur

Cara Buat Bolu Kukus Jagung:
  1. Blender jagung manis dan susu kental manis, sisihkan
  2. Mix gula dan telur sampai mengembang, gunakan kecepatan mixer tinggi.
  3. Masukkan jagung halus tadi sampai tercampur rata, kemudian kecilkan mix nya.
  4. Masukkan baking powder, vanili, dan tepung terigu sampai semunya menyatu menjadi adonan cair.
  5. Matikan mixernya, lalu tuang minyak goreng aduk-aduk pakai spatula agar tercampur rata.
  6. Tuang adonan kue bolu jagung kedalam loyang yang sudah diolesi sedikit minyak.
  7. Kukus adonan tadi kedalam panci pengukus selama 30 menit, cek kematangan dengan cara ditusuk menggunakan lidi.
  8. Jika sudah matang, Angkat, potong-potong tipis, dan sajikan.  

Tanya Jawab Seputar Cara Membuat Kue Bolu Jagung 

Tanya: Bun itu blender jagung nya gak pake air ya?? apa susu nya udah di larutkan air?
Jawab: Blender jagungnya bareng sama skm nya bund dan nggak usah di kasi air.

Tanya: Kalau 100 ml itu berapa sendok bun takaran minyak nya?
Jawab: Untuk takaran minyak, 100 ml itu kira-kira 3 - 5 sendok makan bund.

Tanya:  Bun maaf, kalau tidak ada baking powder pake ovalet atau sp bisakah bun?
Jawab: Beda fungsinya bun... Saya pakai bp terus saya tambahkan sp 1 sdt...jadi bolunya lembut.

Tanya: Bunda, kue bolu yang saya buat kok jadinya keras kayak bantet ya, nggak lembut kayak punya orang-orang? Kasih solusi dong..
Jawab: Biar kue bolunya nanti hasilnya tidak bantet, bunda bisa tambahkan sp, jadinya kue nya bisa lembut banget.

Incoming Search: resep bolu jagung panggang, bolu kukus jagung tanpa mixer, bolu jagung tanpa telur, bolu kukus jagung mekar, cake jagung coklat, resep brownies jagung panggang, resep cake jagung manis keju, resep cake jagung ncc 
Resep Cara Buat Kue Biji Ketapang Empuk dan Renyah dari Tepung Beras

Resep Cara Buat Kue Biji Ketapang Empuk dan Renyah dari Tepung Beras

Cara Membuat Kue Biji Ketapang Manis Empuk dan Renyah dari Tepung Beras. Kemarin banyak saran dan pertanyaan yang masuk di inbox facebook seputar kue kering, beberapa temen ada yang tanya apa saja sih bahan resep kue biji ketapang dan bagaimana cara membuatnya agar kuenya bisa empuk dan renyah? Nah, berdasarkan banyaknya request resep yang masuk maka saya tuliskan disini untuk resep dan cara membuat cemilan kue biji ketapang yang menurut saya paling simpel dan gampang. Cara bikinya mudah banget, bahan yang akan kita pakai juga murah dan ekonomis. Dan yang pasti kue ini bakal renyah, tahan lama, dan tidak cepet mlempem..
Resep dan Cara Membuat Cemilan Kue Biji Ketapang

Snack/cemilan ini adalah salah satu favorite keluarga. Biasanya beli sih, yg enak ada langganan di pasar palasari Bandung. Tapi bikin sendiri pun gak susah sebenarnya (modal "gak males" doang wkwkwk).. karena gak perlu pakai mixer dan oven.. pokonya simpel deh. Kali ini coba bikin basic resepnya dari mbak debbie @hidupku_sebagai_debbie . Rasanya enak, signature ala jadul karena gak dimodif bahan lain, ngepros (kalau kata orang sunda, renyah), dan juga gak terlalu manis. Baca juga: Resep Cara Membuat Kue Ulat Bulu Unik dan Lucu

Resep Kue Biji Ketapang Manis, Renyah dan Empuk dari Tepung Beras

Bahan:
  • 1 kg tepung terigu apa aja
  • 1/2 kg gula pasir(klw gak suka manis bisa di kurang)
  • 2 schet margarin
  • 1 sachet vanili
  • 1 butir kelapa kupas(parut)
  • 1 butir telur
  • 1/2 sendok teh garam
  • minyak untuk menggoreng

Cara Membuat: 
  1. Campur gula, margarin, telur, vanili, dan garam. Aduk sambai semua bahan tercampur rata, Untuk mengaduknya boleh secara manual atau pakai mixer.
  2. Jika sudah, tambahkan kelapa parut sambil di aduk pakai tangan, tambahkan terigu terigu dan aduk2 terus sampai adonan tercampur rata.
  3. Bentuk adonan panjang kecil lalu di gunting, jika adonan kue biji ketang sudah selesai dibentuk semua tinggal di goreng deh.
NB: Gak usah pakai air lagi yh Bun...

Gambar Cara Membuat Kue Biji Ketapang Yg Renyah

Apa Itu Kue Biji Ketapang? Dan Seperti Apa Cara Membuatnya?

Kue Biji Ketapang adalah satu dari sekian banyak kue kering khas Betawi yang cukup terkenal, umumnya cemilan ini banyak disajikan pada saat hari lebaran idul fitri. Kue mungil ini banyak disukai karena rasanya yang gurih, manis, dan juga renyah. Sebenarnya tak perlu harus menunggu momen lebaran untuk membuatnya, karena kue biji ketapang ini cocok juga dijadikan sebagai camilan harian saat nonton TV. Buat saya, bikin kue biji ketapang itu sangat menyenangkan karena bahannya yang mudah didapat lagi ekonomis banget, cara membuatnya juga cepat, dan untuk buat biji ketapng tidak membutuhan alat apapun kecuali gunting. Kita hanya perlu menguleni dan membentuknya dengan tangan, memotong dengan gunting, lalu menggorengnya, sreng … sreng … maka jadilah kue biji ketapang ini. Nah, Resep dan panduan cara membuat kue biji ketapang gurin yg renyah sudah saya tuliskan diatas. Tinggal praktek tek sendiri dirumah yaa..

Jumat, 12 Januari 2018

Resep Kue Pepe Pelangi Tepung Sagu Enak dan Sederhana

Resep Kue Pepe Pelangi Tepung Sagu Enak dan Sederhana

Resep dan Cara Membuat Kue Pepe Pelangi Tepung SaguAlhamdulillah baru kesampaian buat kue tradisional lagi, kali ini saya bikin kue pepe khas betawi dari tepung sagu yang enak, kenyal dan manis legit. Resep kue pepe ini sebenarnya sudah lama tersimpan di draft buku resep saya, namun banyaknya request dan permintaan dari temen-temen akhirnya resep ini saya publis di situs resepkuekomplit ini. Jadi, yuk segera coba buat sendiri kue pepe sendiri dirumah. Kalau bukan kita siapa lagi yang akan melestarikan kuliner khas nusantara, iyaa kan? Resep dan cara membuatnya seperti dibawah ini.
Gambar Resep Kue Pepe Kukus Pelangi  Tepung Terigu

RESEP KUE PEPE PELANGI DARI TEPUNG SAGU

Bahan:
  • 1/2 kg sagu(aku pke sagu biasa)
  • 1/2 kg gula(klw gk suka manis bisa di kurang)
  • 1/2 gls terigu
  • 1 gla santan kental(di masak dulu)Kara jg boleh
  • 1 sachet vanili
  • 1/2 sendok teh garam
  • pewarna sesuai selera
  • 3 gls air matang(1 gls untuk melarutkn gula)

Cara Membuat:
  1. Masukan tepung sagu, tepung terigu, garam, dan vanili jdai satu tempat.
  2. Larutkan gula dengan 1 gelas air, tunggu sampai dingin. 
  3. Jika sudah, tambahkan santan kedalam tepung aduk menggunakan tangan agar adonan tercampur rata.
  4. Masukan air gula lalu air matang dikit demi sedikit sambil di aduk.
  5. Jika adonan sudah encer (tidak berat saat di aduk) kilas di tangan maka bagi adonan menjadi beberapa tempat n beri pewarna sesuai selera.
  6. Siapkan loyang, dan olesi loyang dengan minyak ya Bun... 
  7. Kukus adonan tadi di dalam panci yang mendidih dan tutupnya di beri serbet.
  8. Cek kue dengan cara ditusuk untuk mengetahui apakah kue pepenya sudah matang atau belum.
  9. Jika sudah matang, angkat, iris dan sajikan.


NB: Jika kurang air tambahkan dengan air matang ya bun, 1 resep bisa jadi 1 loyang besar. Selamat mencoba

Tanya Jawab Seputar Cara Membuat Kue Pepe

Tanya: Itu adonan untuk kue pepe kan lebih dari 1 warna, terus ngukusnya bagaimana bun?
Jawab: Tuangin per satu cangkir adonan, tunggu dulu selama 5 menit baru kemudian dituang lagi adonan warna lain, begitu seterusnya.

Tanya: Untuk adonan yang terakhir biasanya berapa menit bun untuk mengukusnya dan ciri-cirinya kalau kue pepe sudah matang itu gimana? Trims
Jawab: Ciri-cirinya kalau kue sudah matang di bagian tengah atas sudah gak ada warna putih berarti sudah matang Bunda

Tanya:  kalau bikin pepe tepung sagunya bisa gak bun di ganti sama tepung tapioka?? Makasih sebelumnya
Jawab: Bisa bunda....

Tanya: Berarti santanya harus dimasak dulu yach bun?
Jawab: Kalau santan asli harus di masak dulu Bun. Ini supaya kue pepe gak cepat basi kuenya

Apa Itu Kue Pepe? Dan Apa Saja Bahan Utama Kue Pepe?


Kue Pepe Adalah salah satu jenis kue yang mirip seperti kue lapis. Kue ini merupakan makanan dan kue khas Betawi yang sangat digemari. Kue pepe warna-warni ini memiliki tekstur yang lembut dan juga kenyal. Kue pepe biasanya bisa dengan mudah ditemukan di pasar-pasar karena panganan ini merupakan jajanan pasar tradisional, atau bisa juga kita temui pada saat perayaan hari besar seperti Idul Fitri di masyarakat Betawi. Kue ini sangat cocok disajikan dengan secangkir kopi hangat disaat santai. Baca juga: Resep dan Cara Membuat Kue Lapis Legit dari Tepung Beras
Gambar Cara Membuat Kue Pepe Kukus Pelangi

Nah, ternyata bahan-bahan utama yang digunakan untuk membuat kue pepe ini sangat sederhana dan murah ekonomis lho.. yaitu tepung sagu. Sehingga tak heran kalau kue pepe memiliki tekstur yang sedikit kenyal dan legit ketika dimakan.

Kue pepe sagu ini biasanya dibuat bermacam aneka ragam variasi warna lapis, dan warna yang paling sering digunakan untuk kue pepe adalah warna merah dan hijau.

Memang, saat kita akan membuat kue pepe ini perlu sedikit ketelitian, mulai dari mengolah hingga mengukus. Tapi sebenarnya prosesnya tidak terlalu sulit, agar bunda berhasil membuat kue pepe yang kenyal dan enak, resep dan cara membuatnya sudah saya tuliskan diatas. Selamat mencoba!

Kamis, 11 Januari 2018

Resep Bolu Kukus Energen Rasa Vanila No Mixer

Resep Bolu Kukus Energen Rasa Vanila No Mixer

Resep Bolu Kukus Energen Rasa Vanila. Bolu ini sudah banyak seliweran digroup facebook, karena penasaran jadi pengen buat... Disini untuk membuat bolkusnya saya menambahkan energen rasa vanila agar rasanya semakin endes. Resep bahan kue bolu yang saya pakai nggak jauh beda seperti bahan bolu yang lain, untuk cetakan kue bolu saya juga memakai cetakan bolu biasa. Biar makin cantik saya pakai hiasan dekorasi suka 2. Seperti ini cara membuat bolkus dan resep bahan bolkus yang saya pakai..
Resep Bolu Kukus Energen Rasa Vanila

Resep dan Cara Membuat Bolu Kukus Energen Vanila

Bahan:

  • 1 Butir telur
  • 4 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt SP
  • 4 sdm tepung terigu
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1 saset Energen vanila cairkan dengan 5 sdm air hangat 
  • 4 sdm minyak sayur

Cara Membuat:
  1. Kocok telur gula SP sampai kaku... 
  2. Masukkan tepung terigu baking powder aduk rata 
  3. Masukkan energen yang sudah dicairkan kemudian masukkan minyak sayur aduk rata... 
  4. Tuang diloyang dan kukus sampai matang, lakukan tes tusuk... 
  5. Selamat mencoba bunda
Cara Membuat Bolu Kukus Energen


Cara Membuat Bolu Kukus Energen termasuk ke dalam topik paling dicari di situs masakan resepkuekomplit.com. Temukan semua resep yang berkaitan dengan Bolu Kukus Energen di sini. Tempat untuk menemukan dan berbagi resep terbaru, termudah, dan paling enak. Happy Baking Bunda !

Resep Roti Bluder Legendaris Enak dan Sederhana

Resep Roti Bluder Legendaris Enak dan Sederhana

Resep Roti Bluder Enak dan Sederhana. Pagi bundaa...kta ngeteh yuk,,ditemani kue Bluder resep nda Etty Yuni Krisyanti, sdh terbayar rasa penasaran dengan kue Bluder yg satu ini, ternyata enak lembut banget....

Cara membuat kue bluder yang legendaris ini cuma cukup pakai 2 telur saja, Jadi jadi lebih praktis dan ekonomis. Bagaimana bunda, pengen bikin kue bluder? Roti tradisional ini memang sudah banyak dikenal dan sejak lama jadi favorit banyak orang. Ada banyak resep roti bluder yang bertebaran di internet, namun menurut saya lebih mudah kalau kita pakai resepnya bunda Etty Yuni Krisyanti ini. 
Gambar Resep Roti Bluder Enak dan Sederhana

Nah, khusus untuk aneka kue bluder yang satu ini bisa dibuat dengan biaya yang sangat murah meriah karena kita hanya menggunakan 2 telur lho bund. Meski demikian rasanya tetap dijamin uenak bingiiit.

Resep yang di share Etty Yuni Krisyanti ini juga sudah dipraktekan oleh banyak bunda lainnya dan terbukti berhasil dengan sempurna dan yang jelas rasanya maknyusss. Bahannya pun sangat sederhana dan cara buatnya juga mudah. Yuk kita coba praktekin aja.

RESEP ROTI BLUDER

Bahan bahanya
  • 3 btr telur
  • 1 sdm susu bubuk
  • 1 caset skm cairkan dengan 1 gelas air
  • 225 gr gula pasir
  • 400 gr tepung trigu
  • 1 sdm fernifan
  • 150 gr margarin

Cara membuat :
  1. Mix all in one sped rendah sampai tercampur rata. 
  2. Tuang adonan dalam loyang yang sudah di olesi margarin dan tabur terigu tabur keju atas nya diamkan 45 menit. 
  3. Oven 150 -160 c selama 35 - 45 menit sampai kecoklatan, lalu tes tusuk kematangan nya.

Gambar RESEP ROTI BLUDER

Resep dan Cara Membuat Kue Bluder yang Empuk. Roti bluder atau klue bluder diatas merupakan salah satu nama jenis roti yang memiliki kriteria takstur roti yang sangat empuk namun sedikit berminyak. Kue bluder ini juga sering disebut sebagai roti kuno atau roti zaman dulu. Mengapa roti bluder ini mendapat julukan sebagai roti kuno? Karena kue bluder ini keberadaanya sudah ada sejak lama, bahkan ketika masa penjajahan Belanda pun kue tradisional ini sudah ada dan namanya familiar dengan sebutan roti bluder, mungkin itu salah satu alasan tepat sehingga roti bluder ini disebut roti kuno. Kue bluder terbuat dari perpaduan bahan adonan roti dan adonan kue yang memiliki warna agak kekuningan. Bagi bunda yang penasaran ingin membuatnya, silahkan simak dan coba langsung praktek resep nya diatas yaa..

Resep Cara Membuat Lemang Beras Ketan Enak dan Sederhana

Resep Cara Membuat Lemang Beras Ketan Enak dan Sederhana

Cara Membuat Kue Lemang Beras Ketan - Pengen buat panganan tradisional yang enak dari bahan dasar beras ketan? Coba deh bun dibuat kue lemang aja, rasanya enak dan yang pasti cara membuatnya juga mudah. Beberapa hari yang lalu si anak bungsu request pengen dibuatin lemang seperti ini, kebetulan banget didapur masih punya stok beras ketan dan al hasil bikin juga lemang ketan ala dapur rumahan. Tenang, resep lemangnya sudah saya sertakan disini kok. Bunda tinggal coba aja!
Resep Cara Membuat Lemang Beras Ketan Enak dan Sederhana

Resep dan Cara Membuat Kue Lemang Ketan Yang Mudah, Enak dan Sederhana


Bahan-bahan Kue Lemang :
  • Beras ketan 1 liter
  • Santan 1 liter dari satu butir kelapa
  • Secukupnya garam
  • Bambu muda atau buluh dengan diameter 8 cm, cuci bersih
  • Daun pisang secukupnya.


Cara Membuat Kue Lemang Ketan Yang Enak :
  1. Cuci beras ketan hingga bersih dan campurkan dengan garam dan santan
  2. Kemudian lapisi bambu dengan daun pisang, biarkan daun pisang lebih di pucuk bambu
  3. Masukkan beras ketan yang telah anda campur santan dan garam hinga penuh
  4. Bakar lemang dengan posisi tegah tetapi agak miring
  5. Agar matangnya rata, putar-putar bambunya
  6. Kalau sudah masak, Keluarkan lemang dari bambu
  7. Lemang ketan siap dihidangkan


Apa Itu Kue Lemang? Dan bagaimana Cara Membuatnya?

Lemang adalah penganan tradisional yang dibuat dari beras ketan yang dimasak dalam seruas bambu, setelah sebelumnya beras ketan digulung terlebih dahulu dengan selembar daun pisang. Gulungan daun pisang yang berisi beras ketan didalamnya dicampur dengan santan kelapa ini kemudian dimasukkan ke dalam seruas bambu, lalu bambu tersebut dibakar sampai isi didalamnya matang. 
Gambar Cara Membuat Lemang

Lemang ini akan lebih nikmat jika disantap hangat-hangat. Cara mengonsumsi kue lemang ini berbeda-beda dari daerah ke daerah. Ada yang lebih suka jika menikmatinya dengan menambahkan rasa manis (seperti ditambahkan selai, kinca, serikaya) atau dengan cara asin (rendang, telur, dan lauk-pauk lainnya), atau ada juga yang lebih suka memakannya dengan buah-buahan seperti durian.

Bagi masyarakat Kalimantan, Lemang biasa dijadikan sebagai makanan tradisional perayaan oleh suku Dayak yang disajikan pada saat acara pesta-pesta adat mereka. Sedangkan bagi suku Melayu, lemang biasa disantap pada saatperayaan  hari raya Idul Fitri atau Idul Adha. Untuk masyarakat Ulun Lampung di sebelah pesisir menjadikan kue lemang sebagai penganan hidangan Lebaran dan kue adat. Daerah lain seperti orang Minangkabau juga sangat menyukai lemang, bahkan kota seperti Tebing Tinggi dikenal dengan julukan "Kota Lemang". Lemang juga merupakan makanan orang asli Negrito yang ada di Kelantan. dan suku Semai.

Lemang juga merupakan penganan khas legendaris bagi masyarakat Samarinda yang diproduksi dan diperdagangkan oleh orang-orang Banjar di Jalan Pulau Sebatik, Samarinda. Yuk buat lemang untuk ikut melestarikan warisan kuliner nusantara!

Rabu, 10 Januari 2018

Resep Cara Membuat Kue Putu Mayang Original Yang Mudah dan Sederhana

Resep Cara Membuat Kue Putu Mayang Original Yang Mudah dan Sederhana

Resep dan Cara Membuat Kue Putu Mayang Betawi. Assalamualaikum... Ada yang kangen sama kue tradisional khas nusantara Putu Mayang? yang kangen, cuungg yaa! Kita buat putu mayangnya bareng-bareng. Kita bikin yang sederhana saja biar mudah buatnya, cetakan putu mayangnya harus kamu siapkan dulu ya biar gampang saat kita mau eksekusi.. Resep kue putu mayangnya sudah saya tuliskan di bagian bawah..
Gambar Resep dan Cara Membuat Kue Putu Mayang
#homemadefood #putumayang #uploadkompakan #uk1112 #foodphotography #indonesianfood #traditionalfood #hlfunbake #homemadelovers #tradisional #kuetradisional #jajananindonesia #petulo #putumayang #homemade #jajananjadoel #kuejadoel #doyanbaking #fotomasak #cucinandoarte #otcucino #friends_moms #lovers_home #lory_alpha_food #inthekitch_en #pics_at_home #shareresep #bisabikin #berbagiresep #makananendes #ykmk2014 #yukbelajarmasak #lovecookbake #resepyummy #cakedankue #doyanbikin


Resep dan Cara Membuat Kue Putu Mayang Dengan Cetakan Yang Mudah dan Praktis

Rebake by Hanhanny

BAHAN PUTU MAYANG:
  • 200 gr tepung beras
  • 50 gr tepung sagu
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 500 ml santan kekentalan sedang.
  • Pewarna makanan atau polosan putih saja.
  • Daun pisang Untuk Alas
  • Cetakan Putu mayang

BAHAN KUAH KINCA :
  • 100 gr gulamerah
  • 70 gr gulapasir (manis sesuai selera)
  • 500 ml santan kekentalan sedang
  • 1 kuning telur(kocok rata) bagi yg tidak suka bisa diskip
  • 1 sdm tepung beras larutkan dgn sdikit air.
  • 1/2 sdt garam
  • 1 lembar daun pandan.
  • (masak dan campurkan santan,gulamerah,gulapasir,daun pandan,masukan kuning telur saat santan blom mendidih,masukan tepung beras sbgai pengental,aduk rata dan didihkan,matikan api)

CARA MEMBUAT :
  1. Campurkan tepung beras+tepung sagu aduk rata,taruh dlam wadah tahan panas,kukus kurleb 20 menit sejak kukusan beruap dan mendidih.
  2. Didihkan Santan.
  3. Tuang Santan mendidih kedalam tepung beras+tepung sagu yg sudah dikukus,sedikit2,masukan gulapasir,garam aduk rata mnggunakan sendok kayu besar sampai adonan trcmpur rata.
  4. Bagi adonan mnjadi bberapa bagian utk mndptkn warna,beri pewarna makanan scukupnya sesuai selera(saya 2 warna aj putih dan merah eh pas dcmpur kok jd pink 😁)
  5. Tata daun pisang yg diolesi tipis minyak goreng masukan kdalam kukusan sbgai alasnya.
  6. Siapkan cetakan,masukan adonan kedalam cetakan,cetak diatas daun pisang yg jg diolesi tipis minyak goreng,lalukan hingga slesai.
  7. Masukan,tata dan kukus putu mayang dalam dandang kurleb 25-30 menit. (Diresep ini saya mndptkn 20 buah putu mayang ukuran sedang)
  8. Pindahkan Dalam Wadah,Bisa Disimpan dikulkas dan bisa dihangatkan kmbli.
  9. Sajikan Putu Mayang Dengan Kuah Kinca.
Apa Itu Kue Putu Mayam?


Putu mayang adalah salah satu kue tradisional yang dibuat dari bahan tepung kanji atau tepung beras yang menyerupai seperti mi, dengan bahan campuran santan kelapa, dan cara menyajikanya disajikan dengan kuah kinca atau gula jawa yang sudah dicairkan.

Kue Putu Mayang ini merupakan bagian dari kuliner dan makanan, cemilan khas Betawi. Akan tetapi, asal mula kue putumayang ini mungkin memiliki keterkaitan dengan jenis kue putu mayam dari India Selatan. Kedua kue ini memiliki bentuk dan tampilan yang sangat mirip, bahanya pun sama, adonan tepung kanji atau tepung beras yang dicetak menyerupai gumpalan mi. Meskipun begitu, kue putu mayang Indonesia punya sedikit perbedaan dibandingkan dengan putu mayam yang ada di India yang juga dapat ditemukan di Sri Lanka, Malaysia, dan Singapura. Gumpalan adonan pada putu mayang Indonesia lebih menyatu dan tebal dengan ukuran gumpalan yang kecil, sementara putu mayam khas India memiliki helai seperti mi yang lebih halus dan ukuran yang sedikit lebih lebar.

Putu mayam India
Memakan kue ini dapat dilakukan dengan menyiram gula merah dan santan, atau memberi tambahan sedikit taburan kelapa pada gula putu mayang tersebut.

Apa Itu Bunga Lawang? Dan Seperti Apa Bentuknya?

Apa Itu Bunga Lawang? Dan Seperti Apa Bentuknya?

Apa Itu Bunga Lawang? Dan Seperti Apa bentuknya? 

Bunga lawang atau dalam sebutan lain sering disebut Kembang Lawang atau bunga pekak adalah salah satu jenis rempah-rempah yang memiliki rasa dan aroma mirip seperti Adas manis. Bumbu rempah ini banyak digunakan di dalam masakan negara-negara Asia. Bunga lawang adalah salah satu bumbu tradisional. Jika di Indonesia, masakan tradisional yang paling banyak menggunakan bumbu rempah bunga lawang ini adalah masakan khas Aceh. Bumbu ini juga banyak digunakan sebagai bumbu masakan ayam dan lain-lain. Selain itu, bunga lawang ini juga memiliki kandungan zat yang bisa bermanfaat bagi kesehatan.

Gambar dan Foto Bunga Lawang, Kembang Lawang Atau Bunga Pekak
Gambar dan Foto Bunga Lawang
Gambar Bunga Lawang Kering
Gambar Pohon Bunga Lawang
Gambar Gambar Pohon Bunga Lawang

Selasa, 09 Januari 2018

Resep Cara Membuat Puding Milo Spesial, Enak dan Sederhana

Resep Cara Membuat Puding Milo Spesial, Enak dan Sederhana

Cara Membuat Puding Milo. Puding milo ini bisa bunda buat dengan mudah di rumah sendiri. Sebab cara membuat puding milo ini cukup sederhana, praktis dan mudah, dalamprakteknya tidak jauh berbeda dengan cara membuat puding yang lainnya. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat puding milo pun sangat sederhana, tanpa harus mengeluarkan modal banyak bunda sudah bisa membuat puding milo ini dirumah.
Gambar Resep Cara Membuat Puding Milo Spesial, Enak dan Sederhana

Resep puding milo

Bahan Puding:
  • 2 bungkus nutrijel coklat 
  • 2 sachet milo
  • 2 sachet skm coklat(susu kental manis)
  • 2 sdm maizena
  • 1 gelas belimbing gula pasir
  • 7 gelas belimbing air 
Cara buat :
  1. Ambil sedikit air untuk melarutkan maizena
  2. Campur semua bahan kecuali larutan maizena,aduk2 sampai semua bahan larut(tidak ada yg menggumpal)
  3. Masak sampai agak mendidih, lalu masukkan larutan maizena sambil terus di aduk2 sampai mendidih.
  4.  Tuang adonan kedalam cetakan biarkan sampai agak dingin 
  5. Masukkan Puding milo ke dalam kulkas tunggu sampai dingin.
  6. Puding milo pun siap di sajikan
Hemmm... Lembut dan juga lezat, itulah hal pertama kali yang bakal kamu rasakan saat menyantap puding spesial yang satu ini. Puding adalah salah satu makanan penutup atau cemilan yang sangat disukai keluarga. Selain rasanya yang begitu enak dan segar, puding juga memiliki banyak sekali varian puding sehingga kita tidak akan dibuat bosan saat menyantapnya.

Selama ini kamu mungkin telah banyak mencoba berbagai resep aneka puding bukan, seperti Resep Cara Membuat Puding Sutra yang Lezat dan Lumer Dimulut misalnya? Kali ini kamu harus mencoba resep puding yang berbeda dari yang lain. Puding yang akankita buat ini begitu spesial, rasanya yang lezat dengan sensasi rasa yang menggoda akan siap menyergap mulut kamu. Puding milo ini dijamin bakal menjadi buruan keluarga dan anak-anak bunda. Sajikan puding milo sederhana ini di tengah keluarga sebagai cemilan sehat dan menyegarkan.

Puding milo ini bisa bunda buat dengan mudah di rumah sendiri. Sebab cara membuat puding milo ini cukup sederhana, praktis dan mudah, dalamprakteknya tidak jauh berbeda dengan cara membuat puding yang lainnya. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat puding milo pun sangat sederhana, tanpa harus mengeluarkan modal banyak bunda sudah bisa membuat puding milo ini dirumah.

Nah, untuk kamu yang ingin mencoba membuat puding milo ini di rumah, kamu bisa langsung saja simak resep dan cara membuat puding milo yang lembut dan lezat seperti tutorial masakan diatas. Mudah kok! Cara Membuat Puding Milo pun sebenarnya sama seperti olahan puding pada umumnya. Yaitu dengan cara merebus bubuk agar-agar bersama dengan bahan lainnya kemudian dimasak hingga mendidih. Lalu didinginkan hingga mengeras dan set. Bunda bisa memakai loyang puding berbentuk bunga, bulat, persegi atau dengan cup, gelas dan jar juga boleh.

Puding milo oreo sendiri merupakan olahan puding yang memiliki rasa enak dengan citarasa manis legit coklat yang khas. Rasa coklat dalam puding ini bukan karena terbuat dari agar-agar atau bubuk nutrijel coklat dan dark chocolate cooking lho. Namun rasa coklat ini berasal dari susu bubuk milo yang dimasak bersamaan dengan bubuk agar-agar dan bahan puding lainnya. Sehingga memunculka aroma dan rasa coklat yang menggugah selera. Baca juga: Resep Silky Cacao Pudding Spesial

Kreasi Resep Puding Coklat Milo mungkin bagi sebagian orang sudah biasa yah bun. Nah tapi agar lebih special lagi bunda bisa menambahkan bahan lainnya agar kaya rasa. Misalnya bisa ditambahkan dengan remukan atau kepingan biskui dan boleh juga dilapisi kreasi puding lainnya. Jika bunda memakai biskuit, bunda bisa gunakan biskuit oreo, biskuit roma, biskuit marie regal dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk bagian lapisan pudingnya bunda bisa menggunakan puding mangga, puding strowberry, ataupun puding kurma. Selain itu Puding Milo Oreo juga bisa disajikan dengan fla susu atau vla vanilla agar semakin special. Nikmati puding biskuit milo saat keadaan dingin agar lebih mantap dan makyuss.

Bunda dapat menyajikan puding ini untuk berbuka puasa, kudapan ulang tahun dan untuk camilan saat kumpul keluarga. Nah bun sebentar lagi kan lebaran, yuk kita buat puding milo oreo ini untuk sajian dihari special lebaran Idul fitri.  Selamat mencoba yaa! happy baking bund!

Resep Cake Brownies Pelangi Warna-Warni

Resep Cake Brownies Pelangi Warna-Warni

Resep dan Cara Membuat Cake Brownies Pelangi Warna-Warni. Brownies cake kali ini saya buat warna-warni, mirip seperti warna pelangi.. Awalnya cuma iseng aja sih karena bosen dengan tampilan bentuk brownis yang biasa saya buat.. Alhasil jadi deh cake yang seperti ini.. Gimana cara buatnya? Cara membuatnya sebenarnya gampang banget, bahan yang saya pakai juga sederhana, sama seperti brownies yang lain sih.. Seperti ini resepnya.
Resep Cake Pelangi

Bahan:
  • 100 gr Terigu 
  • 80 gr gula pasir (saya gmau terlalu manis )
  • 2 telur
  • 1 sdk mkn dancow (saya td ga pake..ga ada soalnya)
  • 150 ml air putih tambah skm 1 sachet
  • seujung sendok Vanili ( saya ga pake..lupa nyimpen hihi)
  • 1/2 sdkteh sp
  • Garam seujung sendok
  • 6 macam pewarna (ungu merah oranye kuning hijau biru)

Cara Membuat:
  1. Kocok telur+gula putih 10 menit menggunakan mixer kecepatan maksimal.
  2. Masukan sp dan kocok selama 5 menit, rendahkan speednya smp yg paling rendah.
  3. Masukan air yg sudah dicampur susu. Setelah tercampur, masukkan terigu yg sudah dicampur susu bubuk+garam+vanili (sebentar aja ya, smp nyampur).
  4. Setelah itu, bagi adonan menjadi 6 bagian dimangkok yg sm besar, masing2 beri warna yang berbeda.
  5. Masukkan 1 warna dlu ke dalam loyang (yg sudah siap diatas kukusan) kira2 3 menit masukkan warna lainnya...begtu terus..smp warna terakhir..masak kira2 10 menit..
*tips* 
  • Panaskan dulu panci kukusan
  • Beri kain pada tutup panci jgn sampe ada air.menetes
  • Loyang olesi mentega...bagian bawah loyang beri kertas roti ya biar ga nempel...ketika dibalikkan..saya pake loyang uk 15x15
  • Air kukusan jgn terlalu penuh ya...
Resep Bolu Pisang Original

Resep Bolu Pisang Original

Cara Membuat Bolu Pisang Original. Assalaamualaikum. Selamat pagi.. Kemaren saya rebake bolpis alias bulu pisangnya mba say ku lestarisahidin, rasanya enaaaak banget, kebetulan kan saya dikasih pisang gede gak tau apa nama pisangnya pkknya bentuknya seperti pisang uli tapi jumbo banget 😂😂 jd jangan tanya apa namanya soalnya saya bukan ahli pisang deh ya,,. Makasih mba say resep nya 😘😘
Gambar Bolu Pisang Original
#bolupisang #olahanpisang#cakedankue #belajarbaking #belajarbikinkuesendiri #bakingcookingpemula #doyanbaking #doyancake2 #doyanmakan #shareresep #resepkue #fotokue #anekaresepkuedanmasakan #foodpics #foodism #instafoodie #hobbybaking #homebaking #lovebaking #instalike #loveit

RESEP BOLU PISANG ORIGINAL
Thankyou for baking @my_rahelta 

Bahan :
  • 4 butir telur
  • 170 gr gula pasir
  • 400 gr pisang ambon yg sudah matang haluskan 300gr tepung terigu protein sedang
  • ¼ sdt bubuk kayu manis (kalo tidak suka bisa di skip)
  • ½ sdt Baking powder
  • ½ sdt soda kue
  • 100 gr margarin *me butter (lelehkan campur dengan 100 ml minyak sayur dinginkan)
  •  toping sesuai selera

Cara Membuat:

Langkah Ke-1 : Panaskan oven 180°C

Langkah Ke-2 : Kocok telur & gula sampai kental mengembang masukkan pisang yg sudah dihaluskan mikser lagi sampai rata

Langkah Ke-3 : Turunkan speed masukkan terigu sedikit2 yg sudah dicampur sama baking powder,kayu manis dan soda kue

Langkah Ke-4 : Matikan mixer masukkan margarin cair aduk balik dengan spatula

Langkah Ke-5 : Setelah benar2 rata, tuang ke dalam Loyang yg sudah dioles mentega dan d taburi tepung, kemuadian tabur toping diatas permukaan adonan

Langkah Ke-6 : Oven selama kurang lebih 45 menit (sampai matang) sesuaikan dengan oven masing2 ya..

Resep Kue Bolu Pisang Panggang dan Bolu Kukus Sederhana Empuk Lembut dan Cara Membuat Adonan Banana Cake Anti Bantat Tanpa Mixer. 


Kue Bolu dari Pisang ini merupakan kue basah modern yang terbuat dari bolu berbahan dasar pisang dengan tekstur yang lembut. Kue ini sebenarnya bukan merupakan kue asli nusantara, akan tetapi memang sudah sejak lama kue bolu panggang ataupun bolu kukus ini menjadi salah satu kue kesukaan masyarakat kita. Tekstur kuenya yang lembut dengan aroma dan citarasa pisang memang enak dan menggugah selera. Karena kuatnya aroma pisangnya, banyak yang menyebutnya juga kue pisang. 

Resep bolu pisang panggang ini sebenarnya memang bukan merupakan resep kue asli negara Indonesia. Di luar negeri sana kue bolpis ini dikenal dengan sebutan banana cake. Maka banyak juga diantara masyarakat kita yang juga mengenalnya dengan nama kue pisang. Banyak sekali jenis dan variasi resep kue bolu pisang ini yang sudah dimodifikasi sesuai selera. Tidak hanya dipanggang, namun saat ini banyak juga aneka variasi bolu pisang kukus yang tidak kalah enak dan empuk dengan bolpis yang lain.

Tips Cara Membuat Resep Bolu Pisang Anti Bantat
Seperti juga resep cara membuat Koningskroon Cake dan Resep Bolu Pandan Laws Kitchen Ekonimis yang sudah pernah kita share pada tulisan sebelumnya. Ada beberapa tips cara membuat bolu pisang panggang dan kukus agar tidak bantat dan bisa empuk sempurna. Sebenarnya resep cara membuat bolu pisang original ini cukup mudah dan praktis. Tetapi memang kalau membuatnya sembarangan bisa membuat banana cake yang kita buat nanti bisa jadi tidak mengembang. Bahkan ada yang setelah selesai kue bolunya malah kempes di bagian tengahnya. Jadi langkah langkah cara membuat kue bolu pisang dan tips memasaknya dibawah ini harus diperhatikan dengan teliti.

  • Pisang yang pakai untuk bolpis panggang harus benar benar matang supaya rasa bolu pisang ini lezat. Biasanya ini akan terlihat dari adanya bintik bintik hitam yang muncul di kulit luar pisang.
  • Pastikan jika telur sudah dalam keadaan suhu ruangan. Kalau baru dikeluarkan dari kulkas sebaiknya tunggu sampai telur benar benar tidak dingin atau bisa direndam sebentar dengan air hangat. Putih telur dalam keadaan dingin akan lebih kental, sehingga jika dikocok tidak bisa mengembang sempurna.
  • Saat mengocok telur dan gula pastikan bahwa sudah benar benar sampai mengental dan kelihatan pekat. Ciri-ciri atau tanda tandanya saat diangkat kocokan atau mixernya, sisa adonan yang jatuh tidak langsung hilang atau masih terlihat bekasnya.
  • Untuk menghasilkan tekstur yang lembut dan kelihatan moisty atau berminyak. Sebaiknya menggunakan minyak sayur ya. Bisa juga menggunakan mentega atau margarin yang dicairkan. Tetapi harus pastikan dalam kondisi benar benar dingin sebelum dicampur dengan adonan resep bolu pisang ini.
  • Pastikan saat mengocok minyak atau mentega cairnya benar benar tercampur rata. Bisa juga memisahkan sebagian adonan (1/4) lalu mencampurnya dengan minyak dahulu. Setelah rata baru dicampur dengan sisa adonan lainnya.
  • Suhu kompor atau oven sebaiknya diset di suhu rendah saja supaya matangnya merata.
  • Waktu pemanggangan dan pengukusan harus benar benar diperhatikan. Tes dengan lidi supaya yakin kalau bagain tengah banana cake ini benar benar matang. Kalau memang kelihatan sudah agak gosong, bagian atas loyang bisa diberi tutup aluminum foil. Bisa juga memindah loyang kue nya ke bagian bawah supaya matangnya rata.


Perbedaan Resep Kue Bolu Pisang Kukus dan Panggang

Sebenarnya tidak ada perbedaan yang signifikan dari kedua resep bolu dari pisang ini. Perbedaannya yang paling utama hanya terletak pada cara pembuatan akhir mengolahnya. Untuk resep bolu pisang panggang dimasukkan di oven. Sedangkan pada bolu pisang kukus perlu dikukus beberapa saat. Untkn cetakan kue bolunya bahkan sama persis. Jadi tidak ada salahnya kalau kebetulan di rumah memang ada stok pisang ambon, pisang barangan, pisang raja atapun cavendish yang cukup banyak. Bisa dibuat bahan untuk membuat resep kue bolu ini. Seperti juga kue cubit dan resep kue lumpur, cara membuat bolu pisang ini juga mudah kok.