Jumat, 01 Desember 2017

Resep Cara Membuat Kue Choux Pastry Enak Sederhana

Resep dan Cara Membuat Choux Pastry - Pastri choux atau biasa kita kenal sebagai kue sus berasal dari Perancis dan menjadi kue tradisional khas di negara tersebut. Adonan Kue Choux Pastry dibuat dengan menggunakan bahan-bahan seperti mentega, air, tepung terigu dan juga telur. Adapun gula dan garam juga biasanya ditambahkan ke dalam campuran adonan tersebut. 

Choux Pastry merupakan nama adonan yang diadopsi dari bahasa Perancis yaitu Pâte à choux secara makna berati "pasta kubis" karena bentuk kue aslinya hampir mirip kubis. Namun dalam bahasa populernya adonan ini sering disebut sebagai Choux paste,  sebab tekstur dari adonan kue  Pastri choux tidak padat seperti adonan pada kue lainnya tetapi cenderung memiliki tekstur meyerupai pasta. 

Resep Cara Membuat Kue Choux Pastry Enak Sederhana - Resep Kue Komplit

Adonan kue ini bisa dicetak menjadi berbagai macam bentuk yang bisa disesuaikan sesuai keinginan, serta merupakan adonan dasar untuk membuat kue sus. Kemudian ketika adonan kue Choux Pastry dipanggang, telur membuat adonan menjadi kopong sehingga dapat diisi dengan krim berbagai rasa. Untuk resep dan panduan cara membuat Choux Pastry yang lezat dan mudah Anda bisa mencoba resep dibawah ini.

Resep Ini bisa untuk sekitar 20 25 buah coux pastry 

Bahan Choux Pastry :
  • 110 gram tepung terigu serba guna
  • 4 butir telur
  • 58 gram mentega atau margarine
  • 125 ml susu cair (resep asli tidak menggunakan susu)
  • 125 ml air (resep asli 250 ml)
  • 1/4 sendok teh garam


Cara Membuat Choux Pastry (Kue Sus), Kue Khas Perancis:

1. Langkah pertama, siapkan panci ukuran sedang, kemudaian masukkan air, susu cair, mantega dan juga garam. Panaskan panci kedalam api hingga mentega meleleh dan airnya mendidih. Matikan api. Selanjutnya masukkan tepung terigu dan aduk adonan dengan kuat agar tidak menggumpal dan menempel ke panci dengan menggunakan pengaduk kayu. Masak lagi sebentar selama 1 - 2 menit untuk mengurangi kelebihan air, sembari adonan terus diaduk-aduk dengan cepat.

2. Proses selanjutnya, pindahkan adonan tadi kedalam wadah mangkuk yang agak besar, aduk-aduk adonan secara teratur guna menghilangkan uap air dan membuat adonan berkurang panasnya, agar lebih mudah gunakan mikser. Setelah adonan agak sedikit dingin, tambahkan telur satuper satu ke dalam adonan (sebaiknya jangan memasukkan telur saat adonan masih panas, ini bertujuan agar telur tidak menggumpal matang).

3. Aduk rata telur dengan adonan sebelum anda menambahkan telur berikutnya. Aduk terus menerus sampai adonan Choux Pastry menjadi halus dan mengkilap. Sekedar saran, mengaduknya memakai mikser agar hasilnya nanti lebih halus dan lebih mengembang ketika dipanggang. Jika sudah, segera bentuk adonan menjadi bulat dan panggang selagi masih hangat

4. Selanjutnya, panaskan oven set disuhu antara 200'C. Siapkan loyang, namun terlebih dahulu alasi loyang dengan kertas untuk memanggang kue.

5. Cara mencetaknya anda bisa melakukan dengan memasukkan adonan ke dalam plastik segitiga, lalu semprotkan adonan  diatas loyang berpola yang sudah di alasi baking sheet/kertas untuk memanggang kue. Beri jarak antara kue satu dengan yang lain, hal ini agar agar tidak menempel satu sama lain saat mengembang. Atau, anda juga bisa menggunakan sendok kayu untuk mencetaknya, jatuhkan segumpal demi segumpal adonan ke atas loyang yang sudah disediakan.

6. Panggang adonan choux pastry yang sudah dicetak tadi selama 35 menit, putar-putar loyang selama anda memanggang agar kulit matang merata. Nah, Jika kulit sus sudah kelihatan berwarna coklat keemasan, segera keluarkan dari dalam oven dan dinginkan di rak kawat. 

Source: Buku Best-Loved Desserts oleh Good Housekeeping - Choux Pastry & Wikipedia - Choux Pastry