Sabtu, 02 Desember 2017

Resep Membuat Putu Piring Tepung Beras Mudah dan Cepat

Kue Putu merupakan salah satu panganan tradisional yang terbuat dari bahan dasar tepung beras, dan gula merah, adapun cara menghidangkanya yaitu disajikan bersama parutan kelapa. Kue aneka jajanan pasar ini memiliki rasa yang manis serta gurih. Selain putu piring khas Riau, di beberapa daerah lain di Indonesia seperti di Bojonegoro, Jawa Timur ada juga  putu bambu dengan rasa serta cara penyajianya yang unik. Ya, sesuai dengan namanya, putu bambu tersebut dimasak dengan cara dimasukkan kke dalam cetakan bambu yang kemudian dikukus.
Resep Membuat Putu Piring Tepung Beras Mudah dan Cepat - Resep Kue Komplit

Namun, ternyata bentuk putu tidak hanya berbentuk silinder lho, melainkan ada yang menyerupai piring. Jenis Putu unik ini bisa Anda temukan di Riau dengan nama putu piring. Bedanya dengan putu bambu yang ada di Bojonegoro terletak pada proses dan cara pengolahannya. Jika Putu Piring di Riau, Anda harus menggunakan beras, mengukus dan menghaluskannya sambil diayak sebelum mengolahnya menjadi putu sesuai dengan resep putu piring khas Riau. Sedangkan di Bojonegoro tidak.

Nah, jika anda tertarik ingin mencoba membuat panganan unik ini, berikut kami akan memberikan resep putu piring khas Riau yang bisa Anda coba buat di rumah.

Bahan - Bahan Putu Piring Khas Riau:
  • 2 ons beras
  • 1 ons gula merah, sisir kasar
  • ½ gelas air hangat
  • 5 lembar daun pandan


Bahan Taburan:
  • Parutan kelapa secukupnya
  • ½ sendok teh garam


Panduan Lengkap Cara Membuat Putu Piring Khas Riau:

1. Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah menyiapkan semua bahan dan alat masak pelengkap yang digunakan untuk membuat putu piring

2. Selanjutnya, ambil beras kemudian cuci hingga bersih dan rendam dengan air selama 5 jam. Tiriskan dan haluskan serta ayak lembut.

3. Jika sedah selesai ayak, kukus tepung beras tersebut selama 60 menit dengan posisi tutup kukusan dibungkus menggunakan kain bersih.

4. Diamkan kukusan beberapa saat agar uap panasnya perlahan menghilang. lalu perciki tepung beras kukus tersebut dengan air hangat sambil diaduk rata.

5. Cek dan pastikan jangan sampai ada gumpalan, kemudian biarkan dingin dan ayak lagi sampai tersisa tepung yang halus saja.

6. Cek lagi kukusan, setelah itu tambahkan air secukupnya dan biar uap panasnya terkumpul. Sementara itu, Anda bisa mencetak adonan kue menggunakan piring kecil.

7. Tekan-tekan lalu tambahkan gula merah sebagai isiannya. Tutup dengan adonan kembali kemudian tekan sampai padat

8. Lakukan sampai selesai, kalau sudah kukuslah selama 30 menit. Angkat lalu dinginkan dan keluarkan menggunakan sendok

9. Sisihkan dulu untuk membuat taburannya dengan mencampur semua bahan sampai rata lalu dikukus selama 10 menit

10. Angkat lalu taburkan di atas kue putu piring yang sudah disajikan di piring saji. Hidangan siap dinikmati

Sumber referensi wikipedia - Kue Putu Piring