IBX5980432E7F390 Apa itu Fermipan? Dan Bagaimana Cara Kerjanya? - RESEPKUEKOMPLIT.COM

Apa itu Fermipan? Dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Nama-nama Bahan Kue, Fermipan - Saat  anda ingin bikin roti pasti memerlukan bahan yang namanya fermipan agar hasil adonannya bisa mengembang dengan baik dan sempurna, dan juga supaya adonan tidak bantat dan enak dimakan. Dalam daftar resep kue pasti anda akan sering menemukan istilah nama fermipan dalam daftar bahan. Yang sering kali menjadi pertanyaan bagi yang baru saja belajar membuat kue adalah Apa itu fermipan dan bagaimana cara kerjanya? Nah, untuk menjelaskan tentang pengertian bahan membuat kue ini kami akan menuliskanya secara lengkap dan jelas agar mudah dipahami.
Pengertian Apa itu Fermipan? Dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Apa itu Fermipan ?

Fermipan adalah ragi yang biasa digunakan untuk membuat kue agar bisa mengembang. Fermipan yaitu sebuah merk ragi kering instant yang dibuat oleh perusahaan asal Perancis yang sudah banyak dikenal oleh para pembuat kue di seluruh dunia. Tidak hanya para kue maker profesional saja yang menggunakannya, banyak juga ibu-ibu rumah tangga yang memakai bahan fermipan ini sebagai bahan untuk pengembang roti alami. Fermipan halal untuk dikonsumsi, karena ragi instan ini sudah mendapatkan sertifikat halal melalui  MUI sehingga yang muslim tidak perlu lagi khawatir akan kehahalan roti yang dibuat dengan memakai ragi instant ini.

Ragi instant ini mempunyai kandungan air yang sangat sedikit, bahkan cenderung kering dan tekturnya berbentuk butiran kecil kasar meyerupai pasir, warna fermipan ini lebih ke warna coklat terang. Kondisi kering inilah yang menjadikan micro organisme pada ragi instant mampu bertahan lama dalam kemasan yang kedap udara sekalipun.

Harga ragi instant dipasaran dijual dengan berbagai merk, salah satunya adalah merk fermipan ini. Untuk mendapatkanya anda bisa membeli fermipan harga murah di warung kelontong terdekat, pasar, supermarket atau yang pasti tersedia yaitu di toko kue. Harga sebungkus fermipan dengan berat 11gr itu sekitar antara Rp 4000 rupiah. Adapun sebagai alternatif lain bahan pengembang kue selain fermipan yang bisa kita gunakan untuk bahan pengembang kue adalah Baking Soda, baking soda ini merupakan bahan pengembang kimia yang tentunya masih aman jika dikonsumsi.


Bagaimana Cara Kerja Fermipan?

Sifat dari ragi instant yang cepat beraksi manjadikan fermipan sangat disukai masyarakat sebagai bahan pengembang berbagai jenis roti. Dalam ragi sendiri terdapat berisi mikro organisme bersel satu yang hidup dari keluarga jenis fungus, yaitu jenis spesies mikroba Saccharomyces cerevisiae yaitu  jamur pemakan gula yang akan mengeluarkan gas CO2. Proses inilah yang digunakan oleh para pembuat roti agar adonan roti bisa mengembang dengan sempurna.

Saat anda membuat adonan roti pasti menggunakan tepung dan gula yang sudah dicampur dengan fermipan, diamkan adonan yang sudah diberi ragiinstan beberapa saat agar fermentasi terjadi. Selanjutnya micro organisme yang ada di dalam ragi akan mengubah karbohidrat dan gula menjadi gas karbon dioksida dan alkohol. Gas yang terperangkap di dalam adonan tersebut akan mendorong roti untuk mengembang. Reaksi ini jugalah yang membuat roti yang dibuat mempunyai bau sedap dan khas saat dipanggang.

Cara menggunakan fermipan ini biasanya sekitar 2% dari takaran tepung, jadi misal anda pakai tepung terigu sekitar 1 kilo, maka fermipan yang kita pakai sekitar 20 gram saja. Kita bisa menggunakan fermipan untuk roti yang memiliki tekstur serat dan rongga di dalamnya, misal saja untuk membuat donat, kue coklat, Kue Bika Ambon, Apem, Martabak, dan lain-lain.

Sama seperti bahan pengembang kue lainnya, setelah kemasan fermipan dibuka kita harus segera menggunakanmnya. Jika kemasan sudah terbuka, ragi dapat bereaksi dengan udara yang nantinya akan mengurangi kualitas fermentasi, sehingga adonan roti menurun tidak bisa mengembang dengan sempurna. 

Jika setelah anda membuat kue dan masih ada fermipan yang tersisa, maka sebaiknya ragi tersebut disimpan di tempat yang tertutup dan memiliki suhu dingin. Setelah fermipan selesai digunakan gulung bungkusnya yang sudah dibuka, kemudian tali dengan karet gelang dan taruh di dalam kulkas. Alternatif lain yang bisa anda lakukan untuk menyimpanya adalah dengan memasukkan fermipan kedalam botol plastik kecil. Dengan cara penyimpanan yang baik maka Fermipan bisa bertahan lama, bahkan mampu bertahan berbulan-bulan jika disimpan dengan baik.

Untuk mengetes kualitas ragi instan atau fermipan yang sudah lama disimpan apakah masih bagus atau tidak maka kita bisa melakukan beberapa percobaan kecil. Caranya masukkan sedikit bubuk fermipan ke dalam mangkok berisi air hangat. Perhatikan apakah muncul buih buih, jika iya itu artinya fermipan masih bisa berfermentasi dengan baik.

Demikianlah artikel singkat tentang pengertian Apa itu Fermipan ragi Instan dan bagaimana cara kerjanya. Semoga dengan artikel pengertian bahan kue ini bisa memberi wawasan yang bermanfaat bagi para pembaca. 
loading...
web statistic