IBX5980432E7F390 Resep Cara Membuat Bakpao Isi Kacang Hijau Empuk Anti Bantet - RESEPKUEKOMPLIT.COM

Resep Cara Membuat Bakpao Isi Kacang Hijau Empuk Anti Bantet

Cara Membuat Bakpao Isi Kacang Hijau. Bahan utama yang biasa dipakai untuk membuat bakpao adalah tepung terigu yang sudah dicampur dengan ragi, pencampuran ragi ini berguna agar roti tersebut menjadi mengembang. Nah kali ini saya akan mengajak pembaca untuk mencoba membuat bakpao yang enak buatan sendiri. Buat bunda yang belum paham betul bagaimana cara membuat bakpao yang enak, anti bantet dan profesional dengan tekstur yang sempurna, dibawah ini sudah saya uraikan dengan rinci resep bakpao isi kacang hijau yang bisa pakai sebagai refensi memasak bunda. Jadi jangan lupa untuk segera mencoba di dapur kalian masing masing yaa. Yuk dicoba!
Gambar Kue Bakpao Kacang Ijo

Resep dan Cara Membuat Bakpao Isi Kajang Hijau Empuk Anti Bantet

Bahan Bakpao:
  • ragi instan dua sendok teh
  • tepung terigu 400 gram
  • mentega putih 3 sendok makan
  • baking powder dua sendok teh
  • gula pasir 61 gram
  • air hangat 275 ml

Bahan isian Bakpao:
  • kacang hijau 100 gram
  • gula pasir 76 gram
  • santan 50 mili
  • daun pandan 1 lembar
  • vanili 1/4 sendok teh
  • garam 1/4 sendok teh

Cara membuat isi kacang ijo:
  1. Pertama-tama kukus kacang ijo sampai teksturnya empuk. sebelum di kukus pastikan di rendam terlebih dahulu
  2. Setelah kacang matang dikukus, silahkan ulek menggunakan sendok makan sampai halus.
  3. Kacang ijo yang sudah dihaluskan oleh bunda, campurlah dengan gula, garam, vanili serta daun pandan. pasti hal ini supaya isi bakpao menjadi manis, gurih dan beraroma sedap
  4. Supaya gula dan campuran bahan lain menyatu dengan kacang ijo halus, silahkan masak dengan api kecil. 
  5. Jika sudah matang berati pembuatan isi selesai, dan lanjutkan membuat adonan bakpao dibawah ini

Cara membuat Bakpao Kacang Ijo
  1. Pertama, mulailah dengan mencampur bahan bahan yang tertera pada komposisi bahan bakpao diatas. seperti biasa, uleni bahan tersebut sehingga menjadi adonan yang memiliki tekstur elastis
  2. Sebelum bunda bentuk adona menjadi bulatan bakpao, sebaiknya irtirahatkan dulu 45 menit saja
  3. Jika adonan selesai didiamkan, barulah membentuk bulatan dan didalam bulatan tersebut diisi dengan kacang hijau.
  4. Saat pengukusan, pastikan masing masing bakpao diberi alas kertas minyak. waktu yang bunda butuhkan sampai bakpao matang, adalah 15 menit.

Apa Itu Bakpao?

Kue Bakpao adalah jenis panganan berupa kue yang diolah dengan cara dikukus seperti kue bolu kukus. Adapun bahan utama untuk membuat adonan bakpao yaitu tepung terigu dengan diberi tambahan isi. Bahan yang sering dijadikan sebagai isi bakpao tentunya bermacam macam, ada yang menggunakan kacang hijau, coklat, kacang tanah, kelapa muda parut ada juga yang diisi dengan daging ayam atau daging lainnya. Perpanduan adonan terigu yang dimatangkan dengan mengukus beserta isi bakpao seperti kacang hijau, membuat kue kukus satu ini sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Bakpao merupakan panganan dan makanan tradisional khas masyarakat Tionghoa. Dikenal sebagai kue bakpao di Indonesia karena diadopsi dari bahasa Hokkian yang dituturkan oleh mayoritas orang Tionghoa yang tinggal di Indonesia. Kata "Pao" itu berarti bungkusan, Sedangkan kata "Bak" itu artinya daging, jadi nama bakpao artinya bungkusan (berisi) daging. Bakpao dalam bahasa Hakka / Khek yaitu nyukppao / yugppao yang memiliki arti yang sama yaitu daging berbungkus.

Kulit bakpao dibuat dari adonan yang berbahan tepung terigu dan diberi ragi untuk mengembangkan adonan, setelah adonan bakpao diberikan isian didalamnya, adonan dibiarkan sejanak sampai benar-benar mengembang lalu di kukus sampai matang. Untuk membedakan isi bakpao, tanpa daging (vegetarian) basanya di atas bakpao diberi titikan warna, demikian juga dengan isian yang lain diberi tanda warna yang berbeda-beda.
loading...
web statistic