cara membuat link zoom meeting  : Berotak

Cara membuat link Zoom Meeting sebenarnya tidaklah sudah, tapi buat kamu yang awam soal aplikasi ini dan sedang mencari tutorial membuat link meeting di Zoom Cloud Meeting, berikut admin bakal bagikan tutorialnya biar kamu bisa berbagi link Zoom ke calon peserta meeting lainnya setelah pada artikel sebelumnya membahas tentang Cara Share Screen di Zoom.

Apalagi saat masa pandemi COVID-19 sekarang ini, banyak orang yang harus melakukan bekerja hingga sekolah dari rumah dengan menggunakan aplikasi video konferensi yang memudahkan bertatap muka secara real-time dengan banyak orang meski jaga jarak atau jarak jauh.

Zoom Cloud Meeting menjadi salah satu aplikasi serta layanan video konferensi yang populer saat ini serta banyak digunakan di berbagai negara, termasuk negara kita Indonesia untuk melakukan berbagai hal secara online atau daring dari rapat meeting dengan rekan kerja, kegiatan belajar mengajar untuk sekolah, bersilaturahmi dengan keluarga jauh hingga hal sepele seperti bercengkerama dengan teman akrab yang berjarak.

Sayangnya, buat orang yang pertama kali menggunakan Zoom pastinya belum paham gimana cara menggunakan fitur-fiturnya meski tampilan antarmuka Zoom lebih sederhana dan mudah digunakan dibanding aplikasi serupa lainnya. Salah satunya belum tahu bagaimana cara membuat link meeting di Zoom.

Nah, untuk bisa membuat link meeting pada Zoom, kamu perlu menjadi Host dari meeting yang akan diselenggarakan alias yang membuat meeting di Zoom tersebut. Dari pada penasaran, berikut admin Berotak bagikan cara membuat link Zoom Meeting di bawah ini.

Cara Membuat Link Zoom Meeting di Laptop & PC

Buat kamu yang belum punya aplikasi Zoom, silahkan download dari situs resminya lalu instal di Laptop ataupun PC Komputermu.

Langkah-langkah membuat link Zoom Meeting di Laptop & PC:

  1. Pertama, buka aplikasi Zoom di Laptop / PC
  2. Pada jendela Sign In, silahkan login masuk, misalnya masuk dengan akun Google
  3. Pada halaman utama Zoom, pilih New Meeting
  4. Kemudian di tampilan meeting video call, pilih menu Participants di bawah
  5. Selanjutnya di jendela Participants pada sisi kanan, pilih tombol Invite
  6. Pada jendela yang muncul, kamu bisa membuat ataupun mengirim link meeting di Zoom
  7. Bisa pilih tab Contacts untuk mengirim link meeting ke kontak yang ada di akun Zoom kamu
  8. Bisa juga pilih tab Email untuk kirim link meeting lewat email
  9. Untuk menyalin link tautan menuju rapat meeting di Zoom, klik Copy Invite Link atau Copy Invitation di pojok kiri bawah
  10. Nanti linknya tinggal di Paste atau di sebarkan lewat media sosial seperti Facebook & WhatsApp, SMS, ataupun layanan kirim pesan yang lainnya
  11. Setelah peserta rapat lain menerima link meeting, maka bisa masuk untuk ikut bergabung
  12. Selanjutnya tinggal arahkan para peserta meeting di Zoom untuk memulai rapat
  13. Selesai, berhasil membuat link Zoom Meeting di Laptop dan PC

CATATAN: Fitur Copy Invite Link hanya memberikan link tautan menuju ruang meeting saja. Sedangkan Copy Invitation akan memberikan link tautan meeting beserta Meeting ID serta Passcode untuk bergabung ke meeting di Zoom jadi nanti kalian bisa memilih untuk masuk menggunakan link atau melalui Meeting ID.

Cara Membuat Link Zoom Meeting di HP

Cara ini bisa kamu gunakan di HP Android ataupun iPhone. Caranya sendiri tidak beda jauh dengan yang menggunakan Laptop & PC.

Langkah-langkah membuat link Zoom Meeting di HP:

  1. Pertama, buka aplikasi Zoom di HP
  2. Jika baru pertama kali, silahkan login Sign In masuk ke Zoom
  3. Bisa login masuk dengan akun Google ataupun Facebook
  4. Jika sudah masuk, pilih New Meeting
  5. Kemudian pilih Start a Meeting dan aktifkan Video On
  6. Pada tampilan video call, pilih menu Participants di bawah
  7. Kemudian pilih Invite, lalu pilih Copy Invite Link
  8. Silahkan Paste atau tempel dan bagikan link meeting baik lewat Email, SMS, chat WhatsApp, Facebook ataupun kirim pesan lainnya ke peserta meeting lainnya agar bisa bergabung
  9. Selesai, berhasil membuat link meeting di Zoom

Buat kalian yang menggunakan akun Zoom Basic alias Gratis bukan berbayar, perlu diketahui bahwa maksimal hanya 100 peserta saja yang dapat ikut meeting di Zoom dengan durasi waktu maksimal sekitar 40 menit saja. Jika batas waktu telah habis, maka Zoom bakal otomatis menghentikan ruang meeting yang sedang berlangsung tersebut.

Tetapi kalian bisa kembali membuat ruang meeting yang baru setelah batas waktu habis jika percakapan meeting sebelumnya belum selesai. Dan jika kamu menggunakan akun Zoom yang berbayar atau Premiun, nanti jumlah peserta meeting yang dapat ikut bisa lebih banyak lagi serta tidak memiliki batas waktu meeting.

Sumber :