IBX5980432E7F390 BAWANG BOMBAY & MANFAATNYA - RESEPKUEKOMPLIT.COM

BAWANG BOMBAY & MANFAATNYA

Bawang Bombay memiliki nama latin Allium Cepa Linnaeus merupakan salah satu jenis bawang yang populer dan sering digunakan masyarakat sebagai bumbu atau bahan masakan. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) , bawang bombay ditengarai dapat meningkatkan nafsu makan dan mencegah penyempitan pembuluh darah.
Bawang Bombay

Ekstrak dari bawang bombay juga diyakini dapat dimanfaatkan untuk membantu  pengobatan batuk, pilek, asma serta bronkitis. Kandungan flavonoid pada bawang jenis ini ternyata juga mampu mencegah pertumbuhan kanker.

Asal Usul Bawang Bombai
Ditengarai bawang bombai berasal dari Asia Tengah, kemungkinan Palestina, lalu menyebar ke Eropa dan India, dan masuk dibawa oleh para pedagang dari sana. Kemungkinan besar bawang bombai masuk ke Indonesia seiring masuknya para pedagang dari India atau penjajah dari Belanda.

Manfaat Bawang Bombai
Kandungan nutrisi dalam bawang dapat dilihat dan dibandingkan dengan bawang merah biasa dan bawang putih pada tabel.
Kandungan Gizi Bawang Bombay

Pemanfaatan bawang bombai paling banyak adalah untuk bahan dan bumbu masakan. Sedangkan untuk Khasiat dan manfaat bawang bombai untuk kesehatan tubuh manusia juga sangat banyak, yaitu sebagai antioksidan alami, mampu menekan efek sinogenik dari senyawa radikal bebas. Fungi pada umumnya adalah memperkecil risiko penyakit degeneratif seperti kanker kolon. Bawang bombai juga sering dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai penyakit pencernaan, flu, kembung, mual, maag, disentri, dan bawang bombai juga bisa membunuh cacing dalam perut.

Adapun sifat senyawa bawang bombai ini adalah bersifat hipolipidemik, maksudnya adalah  dapat menurunkan kadar kolesterol darah. Mengkonsumsi satu siung bawang bombai dapat meningkatkan kadar kolesterol 'baik' sebesar 30%. Manfaat lainnya yaitu, dapat menyembuhkan penyakit radang hati, radang sendi, radang tonsil, radang pada tenggorokan, serta radang telinga.

Aneka Olahan Dari Bawang Bombay

Selain dimanfaatkan sebagai bumbu masakan, bawang bombai ini juga bisa dibuat menjadi olahan cemilan yang lezat. Salah satu olahan cemilan bawang bombai yang paling banyak dibuat adalah Onion Ring. Untuk resepnya bisa dibaca di sini: Resep Bawang Bombay Krispi Super Garing.


Harga Bawang Bombay 

Bawang bombay memiliki nilai jual yang cukup tinggi, hampir setara dengan nilai jual bawang merah dan bawang putih. Mengenai harganya, bawang bombay per 1 kg di pasaran bisa dijual dengan harga Rp. 20.000 sampai dengan Rp. 24.000. Namun bila akan memasuki hari raya, harga bawang bombay per 1 kilogramnya bisa mencapai Rp. 30.000 bahkan lebih. Kenaikan ini dikarenakan penjual bawang ingin mendapatkan untuk yang lebih dengan memanfaatkan moment hari raya.

Selain di jual per kilo, bawang bombay terkadang di jual per buah dengan harga yang cukup murah. Harga bawang bombay per buah di bandrol dengan harga mulai dari Rp. 1.000 hingga RP. 1.500. Sedangkan untuk harga bawang bombay di Supermarket bisa di bilang cukup mahal, lantaran bawang bombay yang dijual di supermarket memiliki ukuran yang lebih besar serta lebih berkualitas.

Seperti harga bawang bombay di Giant yang dibandrol sebesar Rp. 2.200 per 100 gram. Bila anda ingin membelinya sekilo, maka harga bawang bombay sekilo di Giant sebesar Rp. 22.000. Namun harga ini merupakan harga promo dari giant. Di luar promo kemungkinan harga bawang bombay bisa lebih mahal. Untuk bisa mendapatkan bawang merah segar dengan harga yang murah, anda bisa membelinya langsung dari petani bawang bombay.
loading...